Tags

, , , , , , , , ,

Melewati track panjang di antara perkebunan kelapa sawit. Dibutuhkan persiapan fisik dan motor yang prima. Sebab di kawasan ini sangat jauh dari pemukiman penduduk.

Selain menyukaai dunia fotografi, berpetualangan di alam terbuka memang sudah menjadi salah satu hobi saya terutama dengan mengendarai motor trail.  Nah, dari sekian banyak trip yang saya lakukan semenjak sekitar tahun 1998 lalu,  ada trip yang menurut saya begitu mengesankan. Waktu itu saat mengikuti even Balikpapan Two Days Enduro  5-6 Februari 2011 lalu. Ini merupakan pengalaman kali pertama ku ngetrail di hutan Kalimantan yang terkenal dengan sebutan borneo rain forest itu.

Rute dan track yang saya lalui waktu itu benar-benar pemandangan baru. Ini dibandingkan dengan pengalaman ngetrail di pulau jawa. Hutan di kalimantan yang menjadi jalur even ini tergolong masih begitu lebat. Masih banyak sekali pohon-pohon besar yang mungkin sudah usia puluhan tahun. Benar-benar terkesan berada di dalam hutan dalam arti sesungguhnya. Di hari pertama diperkirakan menempuh jarak 180-an kilometer dan bermalam di kawasan Hutan ITCI Kenangan. Esok harinya para peserta menempuh jalur di seputar Penajam  Paser Utara, terutama melintasi kawasan wisata dan perkebunan sawit, dengan jarak tempuh 60-an kilometer. Finish dilangsungkan di Jembatan Ferry Penajam.  Setelah itu seluruh motor peserta kecuali dari Kalsel diangkut menggunakan kapal Fery ke Balikpapan

Advertisements